Mobil Ramah Lingkungan Sulit Berkembang di Indonesia

Advertisement


Jumat, 18/07/2008 14:30 WIB
Suhendra - detikFinance
From http://www.detikfinance.com/

Jakarta - Pengembangan mobil ramah lingkungan di Indonesia masih sulit. Selain kendala alih teknologi, pengembangan mobil 'hijau' di Indonesia terkendala oleh infrastruktur.

Infrastruktur itu terutama terkait penyediaan bahan bakar gas. Bahkan fasilitas infrastruktur yang terkait bahan bakar gas yang sempat dikembangkan justru berjalan di tempat atau mengalami kemunduran. Termasuk pengembangan compressed natural gas (CNG).

"Kita sudah mencoba mempopulerkan CNG tapi keterbatasan suplai untuk SPBU. Problem yang dihadapi adalah habis disuatu tempat maka sulit mengisinya," kata Menteri Perindustrian Fahmi Idris, di Gedung Departemen Perindustrian (Depperin), Jakarta, Jumat (18/7/2008).

Dikatakan Fahmi, Indonesia cukup tertinggal dengan negara lainnya seperti India yang sudah banyak memakai pakai CNG.

Sedangkan untuk pengembangan mobil tenaga listrik, Indonesia masih terkendalai dengan alih teknologi dan pengembangan mobil sejenis ini yang masih terbatas di seluruh dunia.

"Generasi berikutnya, dengan sumber energi listrik, yang sekarang bisa digunakan seharian, kalau dulu 4 jam, tetapi sehari mengisinya, kalau sekarang sudah bisa mengisinya 3 jam," papar Fahmi.

"Ada mobil listrik yang memakai energi surya, tetapi belum dikembangkan bahkan belum ada prototipenya," tambahnya.

Namun dari berbagai pilihan tersebut, lanjut Fahmi, pengembangan mobil ramah lingkungan di Indonesia bisa diarahkan pada mobil yang berbahan bakar CNG. Mengingat untuk jenis mobil teknologi listrik memerlukan teknologi tingkat tinggi.

"Yang cocok adalah CNG itu, yang paling mungkin karena terdukung oleh suplai dan teknogi tidak terlalu rumit, tetapi mobil tenaga listrik juga kita bisa, tetapi memang teknologinya rumit," jelasnya.

Hingga kini negara yang paling maju mengembangan mobil ramah lingkungan adalah Jepang, termasuk menggunakan CNG."Yang sudah advance menggunakan ini adalah Jepang," katanya. (hen/qom)

KOMPETISI DESAIN DAN PENULISAN WEB / BLOG:
Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3


Description: Mobil Ramah Lingkungan Sulit Berkembang di Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: Mobil Ramah Lingkungan Sulit Berkembang di Indonesia

Nusa Tenggara


0 comments: