5 Badai Paling Mematikan di AS

Advertisement


Baru-baru ini badai Sandy yang menerjang Pantai timur AS, namun dahsyat badai tersebut belum seberapa jika dibandingkan dengan lima badai ini. Padahal Kedahsyatan badai ini membuat dua kota besar, New Jersey dan New York, lumpuh total.

5 Badai Paling Mematikan di AS

Namun, dalah sejarah badai di Amerika Serikat, setidaknya ada 5 Badai Paling Mematikan. Berikut adalah daftarnya seperti yang dlansir dari data National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA):

1.  Badai Great Galveston
Badai Great Galveston pada tahun 1900. Badai ini menyebabkan kematian bagi 8.000 hingga 12.000 manusia. Badai ini mencapai pesisir Texas, selatan Galveston, dan masuk dalam kategori empat. Kategori ini artinya kecepatan angin badai bersangkutan mencapai 131-155 mil per jam.

2. Badai Okeechobee
Badai Okeechobee juga masuk kategori empat pada tahun 1928 dengan jumlah korban 2.500 - 3.000 orang. Mayoritas kematian para korban disebabkan karena meluapnya air Danau Okeechobee.

3. Badai Katrina
Katrina yang masuk sebagai badai mematikan ketiga namun jadi yang termahal dalam sejarah AS. Katrina pada tahun 2005 merupakan badai kategori tiga yang mendarat di tiga lokasi berbeda: Miami-Dade/Broward, Louisiana, dan Mississippi. Badai ini mampu memakan korban hingga 1.500 orang dan menyebabkan kerugian US$84,6 miliar. Kerusakan terparah ketika Katrina menyebabkan hancurnya tanggul hingga menyebabkan banjir di kota New Orleans.

4. Badai Louisiana
Louisiana pada tahun 1893 menyebabkan korban jiwa antara 1.100 hingga 1.400 orang.

5. Badai Carolina/Georgia
South Carolina/Georgia juga terjadi pada tahun 1893 memakan korban hingga 2.000 orang.

Menjaga Bumi - Sumber: nationalgeographic.co.id


Description: 5 Badai Paling Mematikan di AS Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: 5 Badai Paling Mematikan di AS

Nusa Tenggara


0 comments: