Tips Menghadapi Wawancara Kerja | Interview Kerja

Advertisement


Bagi Anda yang sudah mengirimkan Surat Lamaran Kerja, tentu sangat berharap mendapatkan Wawancara Kerja atau Interview Kerja. Proses Menghadapi Wawancara tentu setelah semua bahan Administrasi sudah lolos seleksi.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja | Interview Kerja

Proses Seleksi Administrasi kerja biasanya tidak terlalu lama, paling lama sebulan. Dengan demikian, Anda masih punya waktu untuk siap Menghadapi Wawancara Kerja. Satu pelajaran yang bisa Anda ambil saat wawancara kerja adalah bahwa Anda sedang membangun hubungan dengan orang-orang yang mungkin penting untuk kesuksesan karier selama bertahun-tahun yang akan datang.

Ada beberapa Tips Sukses Wawancara Kerja yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa yang bisa Anda persiapkan dan lakukan saat akan Menghadapi Wawancara Kerja seperti yang dikutip dari kompas yang bersumber dari dailymail. Berikut selengkapnya:

1. Tampilkan Kelebihan Anda
Kesan pertama adalah segalanya, jadi pikirkan segala kelebihan Anda. Apa kualitas yang Anda ingin tunjukkan? Tentukan terlebih dahulu sebelum Anda berangkat. Misalnya Anda berniat untuk datang wawancara sebagai orang yang percaya diri, dapat diandalkan dan dinamis. Setelah itu, latih cara Anda menyampaikan kualitas yang Anda ingin tonjolkan pada pewawancara. Misalnya, untuk menunjukkan kepercayaan diri, pastikan Anda dapat berbicara lancar tentang kekuatan dan keberhasilan tanpa menyombongkan diri.

2. Santai Saat Wawancara
Semakin Anda dapat membuat wawancara pertukaran dua arah, semakin besar kemungkinan Anda untuk bersantai. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan informasi, mengenal budaya perusahaan dan cara-cara mereka melakukan pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara dengan beberapa pertanyaan yang disiapkan. Baca situs perusahaan dan penelitian kinerja mereka.

3. Jangan Tegang saat Berbicara Masalah Uang
Bahkan jika pekerjaan tersebut sudah dilengkapi dengan gaji yang diiklankan, Anda mungkin akan mendapat pertanyaan tentang harapan gaji. Antisipasi pertanyaan ini dengan berlatih mengatakan jawaban yang Anda inginkan. Jika Anda ingin dibayar lebih dari yang diiklankan, bersiaplah untuk memberikan alasan yang kuat. Lakukan riset pasar dan mencari tahu kisaran gaji. Cek berapa banyak pekerjaan yang setara di organisasi lain dan standar yang mereka punya dengan melihat iklan pekerjaan. Setelah data ini di ujung jari Anda akan meningkatkan kepercayaan diri pada kesepakatan yang terasa baik untuk Anda. Ini juga akan membantu Anda untuk merespon pertanyaan klasik - "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

4. Kenali Apa Saja Kekuatan Anda
Bersiaplah untuk mengartikulasikan 'nilai jual yang unik'. Pertimbangankan dengan serius. Pikirkan tentang kombinasi kekuatan Anda sendiri yang unik. Misalnya, kreatif, proaktif dan dapat diandalkan. Sebelum Anda pergi ke wawancara, coba tulis kalimat ini, "Aku seseorang yang ... 'Pikirkan tentang pujian dari teman, keluarga dan orang lain yang mampu menegaskan pilihan Anda.

5. Kenali juga Apa Saja Kelemahan Anda
Ini adalah topik sensitif yang memerlukan respon hati. Jangan mengatakan Anda seorang perfeksionis jika Anda tidak. Bersikaplah jujur! Jika perhatian terhadap detail bukanlah kelebihanmu, katakan demikian dan kemudian menunjukkan cara Anda berencana untuk mengatasi hal ini. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan bahwa kadang-kadang Anda mungkin meminta seorang rekan untuk memeriksa dokumen penting untuk memastikan bahwa Anda telah melakukannya dengan benar.

6. Pahami bahasa Non-verbal
Ketika Anda berbicara face-to-face, itu bukan hanya tentang kata-kata yang Anda gunakan. Bahasa tubuh, tatapan mata dan gerakan semua memainkan peran penting. Jika Anda merasa sulit untuk menatap seseorang di mata, Anda berisiko dihakimi sebagai tidak dapat dipercaya atau memiliki sesuatu yang disembunyikan. Duduk dalam postur tegak tanpa bersandar ke depan. Lakukan yang terbaik untuk duduk diam tanpa gelisah karena ini akan membuat Anda terlihat gugup.

7. Jangan Terlalu Banyak Berbiacara
Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap berbicara terlalu banyak selama wawancara. Kadang-kadang pertanyaan hanya membutuhkan respon singkat. Jika respon lagi diperlukan, Anda bisa menyusun jawaban Anda dengan menunjukkan, misalnya, bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Membantu orang lain untuk mengikuti yang Anda katakan dengan menggunakan beberapa kalimat seperti 'terlebih dahulu ..', 'kedua ...' dan 'akhirnya ...'. Dengarkan dengan cermat hal yang dikatakan pewawancara dan pastikan Anda faham pertanyaannya sebelum menjawab.

8. Tenang Selama Sesi Wawancara
Pikirkan cara Anda menanggapi pertanyaan yang Anda tidak ketahui jawabannya. Minta penjelasan lebih maksud pertanyaannya dan berusahalah untuk tetap tenang. Jika Anda tiba-tiba membeku, ambil napas dalam-dalam sebelum menjawab.

9. Realistis dalam Berharap
Pergilah ke tempat wawancara dengan kerendahan hati, arogansi adalah sikap yang mematikan. Jika Anda ditolak ambil keuntungan dari pengalaman yang didapat dan bisa menjadi persiapan buat wawancara berikutnya. Semoga sukses!

Nah, semoga informasi tengtang Tips Menghadapi Wawancara Kerja di atas bermanfaat untuk Anda. Persiapkanlah diri Anda dari sekarang dengan matang. Semoga Anda bisa diterima di tempat yang Anda inginkan bekerja. Salam sukses!!


Description: Tips Menghadapi Wawancara Kerja | Interview Kerja Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: Tips Menghadapi Wawancara Kerja | Interview Kerja

Nusa Tenggara


0 comments: