Tips Mencegah Mabuk Kendaraan saat Mudik

Advertisement


Hari Libur Lebaran segera tiba. Saat ini Anda mungkin sibuk mempersiapkan Perjalanan untuk Mudik. Untuk Anda yang mengalami Mabuk Perjalanan, baca bagaimana cara Mencegahnya. Beberapa orang sangat sulit menghindari mabuk saat perjalanan jauh.

Tips Mencegah Mabuk Kendaraan saat MudikDengan kondisi yang kurang sehat, maka akan semakin memperparah kondisi tubuh Anda. Namun, sebenarnya hal tersebut bisa dihindari, meski tanpa obat antimabuk. Dari sisi medis, penyebab mual atau mabuk banyak, seperti kendaraan umum yang ditumpangi bergerak tidak teratur. Atau, orang mengisi perjalanan dengan kegiatan membaca yang menyebabkan ketidaksesuaian informasi pada otak.

Beberapa orang memilih untuk membeli Tiket Pesawat saat Mudik dengan alasan lebih cepat sampai dan dapat mengurangi resiko mabuk. Mabuk Kendaraan sebenarnya hal yang normal, namun terkadangn membuat seseorang merasa malu dan tidak nyaman karena mencium bau muntahan yang tidak enak.

Cara mudah Mencegah Mabuk Kendaraan adalah dengan meminum obat anti mabuk. Tapi, pada beberapa kasus, ada beberapa orang yang mengalami ketergantungan pada obat tersebuat. Nah, berikut adalah Tips Mencegah Mabuk Kendaraan yang diberikan Shinta Margareta dalam Buku Cerdas P3K:

- Sebelum memulai perjalanan, cobalah meminum minuman yang menghangatkan badan seperti minuman jahe. Dari penelitian, jahe memiliki kandungan senyawa 6-gingerols dan galanolactone yang mampu mencegah timbulnya mual dan muntah.

- Ketika Anda mengalami gejala mual dan ingin muntah, sebaiknya cari ruangan yang lega atau hirup udara segar. Usahakan pula untuk tidak banyak bergerak.

- Jika rasa mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Anda dapat berjalan di sekitar perhentian kendaraan untuk menetralkan akumulasi getaran pengganggu. Tindakan ini efektif membantu mencegah mual atau perasaan ingin muntah. Namun, memang hanya dapat dilakukan jika Anda mengendarai mobil pribadi.

- Cara lainnya adalah mengatur posisi duduk saat melakukan perjalanan. Usahakanlah agar duduk dengan posisi searah laju kendaraan. Sandarkanlah kepala dan tutup mata atau fokuslah pada satu jarak dan obyek tidak bergerak seperti kaki langit, gunung, hamparan sawah. Obyek tidak bergerak akan membantu meredakan rasa pusing.

- Bila mual tak juga reda, kepalkan dan lemaskan jemari tangan dan kaki berulang-ulang. Gunanya untuk menaikkan peredaran darah. Pijitan pada jemari dan telapak tangan dapat membantu menghilangkan rasa pusing ringan.

- Jika kondisi mabuk perjalanan disertai rasa lemas akibat dehidrasi dan penurunan tekanan darah, maka obat anti mual mutlak diperlukan. Obat yang dianjurkan adalah obat yang masuk pada golongan Antihistamin Dimenhidrinat dengan catatan dosis untuk anak usia 2 - 5 tahun sebesar 12,5 - 25 miligram, dan anak usia 6 - 12 tahun sebesar 20 - 50 miligran dengan tingkat konsumsi maksimal 3 kali sehari.

Nah, semoga informasi tentang Tips Mencegah Mabuk Kendaraan di atas bisa membantu perjalanan Anda saat Mudik, Tetaplah menjaga kondisi badan Anda sebelum mudik, jangan samapai Anda kelelahan berkemas untuk mudik. Dan satu lagi, hindari bergadang/ Ok, selamat mudik, selamat sampai tujuan!


Description: Tips Mencegah Mabuk Kendaraan saat Mudik Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: Tips Mencegah Mabuk Kendaraan saat Mudik

Nusa Tenggara


0 comments: