Manfaat Daun Sirih

Advertisement


Tanaman sirih adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini banyak sekali mengandung manfaat, terutama pada Daun Sirih. Beberapa Manfaat Daun Sirih atau khasiat Daun Sirih seperti untuk jerawat atau untuk kecantikan dan dapat juga Menghilangkan Bau mulut dan juga bisa Menghilangkan Bau Ketiak.

Manfaat Daun Sirih
Tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Pada sebagian masyarakat Indonesia, daun dan buah sirih biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun, dari hasil penelitian, seringkali mengunyah sirih telah dikaitkan dengan Penyakit Kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Daun sirih sangat terkenal karena manfaatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi. Ini karena minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Nah, berikut ini adalah Manfaat Daun Sirih lengkap dengan cara pengolahannya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut selengkapnya:

Untuk Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

Untuk Diare
Ambil 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh

Untuk Sakit gigi
Pengobatan: Di kumur1. daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.2. Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya.Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.

Untuk Alergi Pengobatan
Bagian luar, di oleskan pada bagian yang gatalBahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

Untuk Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Untuk Keputihan
Ambil 7 – 10 lembar daun sirih.Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

Nah, semoga informasi tentang Manfaat Daun Sirih di atas bermanfaat untuk Anda. Selain daun sirih, ternyata Buah Pepaya juga mengandung banyak manfaatnya. Mau tahu? Ayo, baca Manfaat Buah Pepaya selengkapnya di blog ini. Salam sehat.


Description: Manfaat Daun Sirih Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: Manfaat Daun Sirih

Nusa Tenggara


0 comments: