Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Advertisement


Masalah Kesehatan jantung tidak bisa disepelekan pada masa kini. Kita harus tetap memperhatikan kesehatan kita, terutama kesehatan jantung. Cara Menjaga Kesehatan Jantung sebenarnya cukup sederhana. Federasi Jantung Sedunia (World Heart Federation/WHF) memperkirakan penyakit kardiovaskuler akan menjadi penyebab utama kematian di Asia pada 2010. Di bawah ini, ada beberapa Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung, antar lain:


1. Menyesuaikan pola makan
a. Cobalah mengonsumsi lebih banyak makanan seperti beras, sayur-sayuran (buncis, bayam, dsb), buah-buahan, ikan, biji-bijian dan yogurt.
b. Kurangi asupan makanan seperti susu, keju dan kacang-kacangan. Tambahkan bawang putih pada resep makanan Anda.
c. Makan makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, kubis dan umbi-umbian.
d. Kurangi asupan natrium, tidak lebih dari 1 1/4 sendok teh garam dalam sehari. Makan makanan secara teratur. Minum air secukupnya. Ubah kebiasaan minum kopi dengan teh.

2. Merubah pola dan gaya hidup
a. Olahraga secara teratur. Pada awalnya dapat dipilih jenis olahraga berintensitas ringan hingga sedang seperti jalan cepat, atau sepeda statis yang dilakukan minimal selama 30 menit tiga hingga lima kali dalam seminggu. Biasakan menggunakan tangga setiap ingin naik ke lantai yang lebih tinggi.
b. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk melakukan aktivitas fisik. Apabila Anda mengendarai kendaraan bermotor, usahakan untuk memarkirnya sedikit lebih jauh dari tempat tujuan agar Anda terbiasa berjalan.
c. Lakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, membersihkan rumah sebagai tambahan olahraga Anda. Pertahankan berat badan ideal Anda.
d. Berhentilah merokok dan hindari minuman beralkohol.
e. Istirahat yang cukup. Atur jadwal kegiatan harian Anda agar terhindar dari stres.
f. Lakukanlah latihan yang berguna untuk mengurangi stres seperti terapi relaksasi, yoga dan meditasi. Banyak tertawa juga merupakan obat yang baik.

3. Periksakan kesehatan Anda secara teratur
a. Ketahuilah riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah dalam silsilah keluarga Anda.
b. Lakukan medical check up secara berkala, termasuk di dalamnya adalah memonitor tekanan darah dan kolesterol tubuh Anda.

4. Minumlah obat-obat yang sudah diresepkan oleh dokter untuk Anda

5. Berilah dan dapatkan rasa kasih sayang dari orang-orang yang Anda sayangi

Cobalah mengaplikasikan beberapa kiat dasar di atas dalam kehidupan Anda sehari-hari, karena pengobatan yang paling tepat untuk penyakit jantung sebenarnya adalah mencegah penyakit jantung itu sendiri.

Semoga Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung dapat bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa membaca Merawat dan Menjaga Kesehatan Ginjal di blog ini. Selamat mencoba.


Description: Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Reviewer: Menjaga Bumi ItemReviewed: Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Nusa Tenggara


0 comments: